Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : IV-A / I
Unit 1 : Pancasila Sebagai Nilai Kehidupan
Kelas/Semester : IV-A / I
Unit 1 : Pancasila Sebagai Nilai Kehidupan
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik memahami makna dan nilai-nilai
Pancasila, serta proses perumusannya sebagai
dasar negara, pandangan hidup bangsa dan
ideologi negara
Kegiatan Inti :
Adapun Langkah-Langkah Pembelajaran adalah sebagai
berikut:
- Guru menyiapkan bahan bacaan yang sudah diperbanyak lalu membagikannya.
- Guru mempersilakan peserta didik membacanya kemudian mengajukan pertanyaan berkaitan dengan bahan bacaan tersebut.
- Guru mengajak yang lainnya untuk menyampaikan jawaban atau pendapat dari pertanyaan yang diajukan temannya. Pada langkah ini, guru hendaknya tidak mengomentari pendapat peserta didik dan tidak meminta alasan peserta didik mengenai pendapatnya.
- Guru kemudian mengklarifikasi atau menjelaskan masalah dari pendapat setiap peserta didik dan mengarahkannya sesuai materi pembelajaran
- Guru memberikan lembar aktivitas peserta didik yang harus dikerjakan secara individual.
- Guru mempersilakan beberapa orang perwakilan peserta didik untuk mempresentasikan lembar aktivitas yang dikerjakannnya.
Bentuk penugasan LKPD
Murid mempresentasikan tugas kelompok yang telah diberikan oleh guru setelah mereka berdiskusi tentang makna dan simbol pancasila.
Gambar diatas adalah masing-masing kelompok mempresentasikan makna dan simbol pancasila, mereka menerangkan atau mengkomunikasikan tugas yang diberikan ke depan kelas, kelompok lain memberi tanggapan atas presentasi kelompok.Guru menyimak dan memberikan penguatan tentang makna dan simbol pancasila agar mereka paham terhadap materi tersebut dan mereka dapat mencapai kompetensi yang diharapkan.
No comments:
Post a Comment